DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Pemberian Dosis Pupuk Kandang Ayam dan Pupuk NPK Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.) Pada Tanah Ultisol
PENGARANG:NORMA CAMILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-23


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipemberian berbagai dosis pupuk kandang ayam  dan pupuk NPK berpengaruh  pada pertumbuhan dan hasil tanaman cabai rawit pada tanah dan mengetahui perlakuan yang terbaik dari pemberian berbagai dosis pupuk kandang ayam dan  pupuk NPK pada tanaman cabai rawit di tanah ultisol.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 sampai dengan bulan Desember 2022. Di lahan percobaan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Penelitian ini merupakan percobaan di dalam polybag menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktor tunggal, yaitu dosis pupuk kandang ayam  dengan pupuk NPK (P) yang terdiri dari 4 taraf perlakuan, p1 = 80 ton/ha + 300 kg/ha; p2 = 90 ton/ha+400 kg/ha; p3 = 100 ton/ha+500kg/ha; p4 = 110 ton/ha+600 kg/ha dengan 6 ulangan, sehingga terdapat 24 satuan percobaan.  Variabel yang diamati meliputi tinggi tanaman, diameter batang, jumlah cabang, saat berbunga pertama, saat berbuah pertama, jumlah buah pertama, berat buah pertanaman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk kandang ayam dan pupuk NPK memberikan pengaruh terhadap pertumbhuhaqn dan hasil tanaman cabai rawit di tanah ultisol. Pemberian perlakuan terbaik adalah dengan dosis 110 ton/ha pupuk kandang ayam di tambah 600 kg/ha pupuk NPK.

 

Kata kunci : Tanaman Cabai Rawit, Dosis, Pupuk Kandang Ayam, Pupuk NPK, Tanah Ultisol.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI