DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Pencegahan Pasien Jatuh Di Ruang Rawat Inap RSD Idaman Kota Banjarbaru
PENGARANG:LAILA MUNADA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-26


Latar Belakang: Sasaran keselamatan pasien dapat dilaksanakan pencegahan risiko pasien jatuh. Faktor penyebab pasien jatuh salah satunya adalah perilaku caring perawat. Kejadian jatuh sering terjadi pada pasien dewasa dan di rawat inap. Kejadian jatuh berdasarkan Standar Pelayanan Minimal rumah sakit dengan diharapkan 100% tidak berakhir kematian atau kecacatan.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan pencegahan pasien jatuh di ruang rawat inap RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Metode: Metode penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif menggunakan desain korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian sebanyak 137 pasien di rawat inap RSD Idaman Kota Banjarbaru dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner CBI (Caring Behavior Inventory) dan kuesioner pencegahan pasien jatuh dengan analisis uji Chi-Square.

Hasil: Caring perawat adalah 73,7% kategori baik, dan dilakukan pencegahan pasien jatuh sebesar 65,0%. Hasil analisis terdapat hubungan antara caring perawat dengan pencegahan pasien jatuh di rawat inap RSD Idaman Kota Banjarbaru dengan (p-value = 0,012 < 0,05 r = 0,271).

Pembahasan: Terdapat hubungan antara perilaku caring perawat dengan pencegahan pasien jatuh. Hal ini dikarenakan perilaku caring perawat dapat meningkatkan kualitas pelayanan sehingga pencegahan diterapkan perawat secara maksimal serta mengurangi dampak pasien jatuh.

 

Kata Kunci: Perawat,Perilaku Caring perawat, Pencegahan pasien jatuh, Rawat inap

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI