DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI ECO ENZIM DI DESA GARAGATA, KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:MUHAMMAD AGRIANTO SUWANDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-26


ABSTRAK

Muhammad Agrianto Suwandi. Dampak Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Eco Enzim di Desa Garagata, Kabupaten Tabalong. Skripsi Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dibimbing oleh Setia Budhi.

   Terdapat sebuah program pemberdayaan masyarakat berbasis lingkungan melalui eco enzim yang dilaksanakan di Desa Garagata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan program pemberdayaan masyarakat melalui eco enzim terhadap masyarakat Desa Garagata. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan masyarakat dalam menganalisis dampak program pemberdayaan masyarakat melalui eco enzim terhadap masyarakat Desa Garagata

   Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa dampak yang ditimbulkan dari adanya program pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan eco enzim pada masyarakat Desa Garagata yaitu: 1) Perbaikan kelembagaan melalui gerakan pada kelompok tani. 2) Perbaikan usaha terhadap kualitas berproduksi. 3) Perbaikan pendapatan melalui sikap hemat. 4) Perbaikan lingkungan fisik dan sosial yang terwujud melalui kebersihan lingkungan dan peningkatan relasi sosial. 5) Perbaikan kehidupan yang ditandai dengan perbaikan pendapatan dan lingkungan. 6) Perbaikan masyarakat yang terwujud dari perbaikan kehidupan.

Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Lingkungan, Eco Enzim

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI