DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS SISTEM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) ONLINE DI SMP NEGERI 13 BANJARMASIN PADA WILAYAH DINAS PENDIDIKAN KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:YURISA BAIHAKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-26


Yurisa Baihaki 1910411220054 2023 Efektivitas Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di SMP Negeri 13 Banjarmasin Pada Wilayah Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin dibawah bimbingan Sugeng Karyadi

PPDB Online merupakan singkatan dari Penerimaan Peserta Didik Baru yang merupakan salah satu program kegiatan sekolah dan termasuk di dalam perencanaan peserta didik dalam lingkup manajemen peserta didik yang dilaksanakan secara online. PPDB Online ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pendaftaran sekolah. SMP Negeri 13 Banjarmasin merupakan sekolah yang menjalankan PPDB Online sejak 2017.

Metode yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan telaah dokumen. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) online di SMP Negeri 13 Banjarmasin belum bisa dikatakan efektif. Hal ini berdasarkan pada lima indikator ukuran efektivitas yang digunakan yaitu (1) Hasil Seleksi PPDB Online belum efektif, (2) Efisiensi pelaksanaan ppdb kurang efisien, (3) Kepuasan pada ppdb online kurang efektif, (4) Penyesuaian berjalan dengan cukup efektif, (5) Kelangsungan berjalan dengan cukup baik. Faktor pendukung dalam sistem ppdb online di SMP Negeri 13 Banjarmasin yakni adanya sarana yang memadai, sumber daya manusia dan tempat pendaftaran offline, selain itu diketahui faktor penghambat dalam sistem ppdb online adalah orang tua murid yang kurang paham dengan ppdb online, terlalu banyak SMP Negeri yang berada di zona yang sama, serta tidak adanya sosialisasi  tentang PPDB Online.

Saran yang bisa diberikan oleh peneliti antara lain : (1) Meningkatkan kuota Afirmasi, dan lebih mengoptimalkan jalur zonasi dan prestasi. (2) Sebelum melaksanakan kegiatan, akankah lebih baik pihak dinas pendidikan memberikan arahan untuk mengadakan sosialisasi terlebih dahulu terkait sistem yang akan digunakan.

Kata kunci : Efektivitas, Penerimaan Peserta Didik Baru Online

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI