DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KETERLIBATAN WARGA NEGARA (CIVIC ENGAGEMENT) DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN MELALUI YAYASAN SAHABAT BEKANTAN DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:NOR RAIHAN RAUDINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-26


Nor Raihan Raudina.2023. Keterlibatan Warga Negara (Civic Engagement) dalam Pemvbangunan Berkelanjutan melalui Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia diProvinsi kalimantan Selatan . Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Reja Fahlevi.
Kata Kunci: Civic Engagement, Pembangunan berkelanjutan dan Yayasan

Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) adalah sebuah organisasi non profit yang berpusat di Kalimantan Selatan dan didirikan sejak tahun 2013 oleh Amalia Rezeki. Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) bergerak di bidang perlindungan dan pelestarian Bekantan serta satwa liar lainnya yang dilindungi yang terletak di Kabupaten barito Kuala, Kecamatan Anjir Muara Provinsi Kalimantan Selatan. Yayasan Sahabat Bekantan Indoensia merupakan salah satu bentuk Keterlibatan warga negara (Cvic Engagement) dalam melakukan pembangunan berkelanjutan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  bentuk keterlibatan warga negara yang dilakukan oleh Yayasan sahabat Bekantan indoensia (SBI)  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang didapat: (1) Bentuk Sosialisai Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) yaitu denga membagikan brosur dipinggir jalan, media sosial salah satunya yaitu Instagram yang memudahkan Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang keberadaan Bekantan dan sosialisasi juga terus dilakukan dalam bentuk kegiatan seperti sekolah konservasi, relawan bekantan dan magang (2) Bentuk partisipasi Yayasan sahabat bekantan Indonesia  (SBI) yang dituangkan dalam bentuk program yaitu Rehabilitasi, Penelitian, Restorasi mangrove rambai dan Ekowisata minat khusus.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI