DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kepercayaan Pada Bacaan-bacaan Dalam Tradisi Betajak Huma di Desa Paring Lahung Kecamatan Montallat Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah
PENGARANG:CINDI INAYAH RAHMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-26


Cindi Inayah Rahmalia, 2023. Kepercayaan Pada Bacaan-bacaan Dalam Tradisi Betajak Huma di Desa Paring Lahung Kecamatan Montallat Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah, Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing (I) Syahlan Mattiro (II) Reski P.

 

Kata Kunci: Betajak Huma, Magis, Bacaan doa

 

Betajak Huma adalah tradisi menancapkan tiang rumah yang dimana kegiatan ini bertujuan untuk masyarakat yang akan mendirikan rumah. Pada tradisi betajak huma ini terdapat bacaan-bacaan magis yang dipercayai oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk membuktikan kepercayaan masyarakat pada bacaan dalam tradisi betajak huma di Desa Paring Lahung. (2) Untuk mengetahui prosedur dalam tradisi betajak huma di Desa Paring Lahung. (3) Untuk menemukan fungsi bacaan dalam tradisi betajak huma di Desa Paring Lahung.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian kualitatif. Sumber data yang dipilih purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian, dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data melalui triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) Alasan masyarakat masih mempercayai bacaan pada tradisi betajak huma yaitu ajaran turun-temurun, harapan akan keselamatan dan dirahmati, pengingat sang pencipta. (2) Proses pelaksanaan pada tradisi betajak huma melalui tiga tahapan, pertama persiapan, menyiapkan tihang-tihang untuk dipakai esok hari, makanan-makanan yang akan disajikan, serta tapung tawar, kedua pelaksanaan shalat berjamaah, betapung tawar, mendirikan tihang, ketiga, berdoa, selamatan dan makan-makan. (3) Fungsi bacaan dalam setiap tradisi betajak huma diantaranya yaitu terhindar dari berbagai macam gangguan seperti gangguan makhluk halus, dan mendapatkan rezeki.

Penelitian ini menyarankan untuk masyarakat, agar dapat mempertahankan tradisi betajak huma serta dapat mengenalkan bacaan-bacaan Islami supaya dapat dijalankan secara turun-temurun. Saran bagi penelitian selanjutnya agar dapat lebih memperbanyak lagi penelitian mengenai magis, serta mengembangkan lebih dalam makna penelitian mengenai magis.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI