DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Membuang Sampah Ke Sungai Di Kelurahan Sungai Kuin Kota Banjarmasin
PENGARANG:ANI RASYIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-27


Latar belakang: Perilaku membuang sampah berkontribusi terhadap masalah Kesehatan. Masyarakat di Kelurahan Sungai Kuin Kota Banjarmasin memiliki perilaku membuang sampah di sungai. Perilaku tersebut dapat dipengaruhi oleh faktor predisposisi, faktor pendukung dan faktor pendorong.

Tujuan: Mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku membuang sampah ke sungai di kelurahan sungai Kuin kota Banjarmasin.

Metode: Penelitian kuantitatif menggunakan desain studi cross sectional.Responden dalam penelitian ini masyarakat Kelurahan sungai Kuin sebanyak 266 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan observasi. Data dianalisis menggunakan Uji Korelasi Rank Spearman.

Hasil: Terdapat hubungan antara pengetahuan dengan perilaku membuang sampah (p value=0,001, r=0,325, α=0>0,6), tidak ada hubungan antara sikap dengan perilaku membuang sampah (p value=0,351), tidak ada hubungan antara ketersediaan sarana dengan perilaku membuang sampah (p value=0,597), tidak ada hubungan antara peran tokoh masyarakat dengan perilaku membuang sampah (p value=0,999).

Pembahasan: Sampah yang tidak dikelola dengan baik membawa dampak yang buruk bagi Kesehatan dan lingkungan, Perilaku membuang sampah tidak pada tempatnya kemungkinan karena pengetahuan seseorang, pengetahuan yang baik mengarahkan pola pikir, persepsi/sikap seseorang sehingga melakukan hal yang benar. Tersedianya sarana dan dorongan dari seorang tokoh tidak menjamin seseorang tidak membuang sampah sembarangan, karena hal tersebut kembali ke diri individu.

Kata Kunci: Perilaku Membuang Sampah, Sungai  

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI