DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL KEMASYARAKATAN DI DESA TANJUNG NYIUR KECAMATAN PULAU SEMBILAN
PENGARANG:MUTMAINNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-27


ABSTAK

Mutmainnah, 2023. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Terhadap Interaksi Sosial Kemasyarakatan Di Desa Tanjung Nyiur Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Kotabaru. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitasa Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Harpani Matnuh (II) Suroto dan Muhammad Elmy

Kata Kunci: Status Sosial, Ekonomi, Interaksi Sosial, Kemasyarakatan.

Penelitian ini bertujuan untuk menggali tentang interaksi sosial, status ekonomi, dan dampak dari adanya status sosial ekonomi terhadap interaksi sosial kemasyarakatan di Desa Tanjung Nyiur. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah adanya ketidakseimbangan interaksi sosial dalam masyarakat Desa Tanjung Nyiur diantara dua golongan yang berbeda yaitu golongan masyarakat berekonomi tinggi dan masyarakat berekonomi rendah. Sehingga menimbulkan permasalahan dalam interaksi sosial kedua golongan tersebut dengan timbulnya diskriminasi interaksi sosial diantara dua golongan status sosial yang berbeda.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive sampling dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa status sosial ekonomi masyarakat Desa Tanjung Nyiur terbagi menjadi dua golongan yaitu masyarakat yang mempunyai status sosial ekonomi tinggi dan masyarakat status sosial ekonomi rendah dilihat dari aspek  kekayaaan, pekerjaan, jabatan dan kehormatan. Interaksi sosial kemasyarakatan di Desa Tanjung Nyiur tidak seimbang sehingga mengakibatkan adanya diskriminasi interaksi sosial antara golongan status sosial ekonomi tinggi dengan status sosial ekonomi rendah, karena tidak adanya perlakuan yang sama terhadap semua masyarakat Desa Tanjung Nyiur. Apabila ada acara pernikahan atau selamatan maka masyarakat yang memiliki status sosial ekonomi tinggi akan sangat dihormati dengan disiapkannya tempat duduk paling depan, sedangkan masyarakat status sosial ekonomi rendah hanya dijadikan sebagai pelayan tamu pada acara tersebut.

Saran dalam penelititan ini diharapkan kepada masyarakat agar tetap menjaga interaksi sosial yang baik diantara semua masyarakat tanpa melihat kepadakelas sosial ekonomi masyarakat yang lain, memberikan perlakuan yang sama kepada semua masyarakat tanpa melihat masyarakat tersebut berstatus sosial ekonomi tinggi ataupun berstatus sosial ekonomi rendah. Kemudian untuk tokoh agama agar dapat menengahi permasalahan yang sedang terjadi atau memberikan sosialisasi bahwa interaksi sosial dan silaturahmi sangat penting dalam kehidupan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI