DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS UNTUK MEMBENTUK CIVIC DISPOSITION PADA ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DI SMP NEGERI 22 BANJARMASIN
PENGARANG:ADINDA HANI RAIHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-27


Kepemimpinan demokratis yang dapat mewujudkan karakter kewarganegaraan yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi karakter tersebut pada siswa tergolong rendah. Hal itu dapat dilihat dari perilaku, seperti tidak menghormati teman, tidak mengerjakan tugas sekolah, serta belum mampu sepenuhnya bekerja sama dengan teman kelompok. Oleh karena itu implementasi kepemimpinan demokratis wajib untuk diterapkan di sekolah, salah satu cara mengimplementasikan kepemimpinan demokratis yaitu melalui OSIS.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kepemimpinan demokratis untuk membentuk civic disposition pada Organisasi Siswa Intra Sekolah di SMP Negeri 22 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji credibility, uji transferability, uji dependability dan uji confirmability.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) OSIS melakukan tipe gaya kepemimpinan demokratis dilihat dari kegiatan OSIS yang telah dilakukan yaitu selalu mementingkan kepentingan anggota dibandingkan kepentingan ketua atau individu. 2) implementasi gaya kepemimpinan demokratis telah dilakukan OSIS yang mewujudkan civic disposition siswa seperti tanggung jawab, sopan santun, dan saling menghormati. 3) kelebihan yang dimiliki gaya kepemimpinan demokratis dapat membentuk civic disposition siswa dan kelemahan yang dimiliki gaya kepemimpinan tidak dapat dihindari dengan keterampilan memecahkan masalah dan berpikir kritis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI