DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INOVASI BANK DAUR'S PURNA PRAJA SEBAGAI PENINGKATAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MASYARAKAT KELURAHAN MANDAR SARI KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NURHIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-27


ABSTRAK

Nurhidayah, 2023. Inovasi Bank Daur’s Purna Praja Sebagai Peningkatan Karakter Peduli Lingkungan Masyarakat Kelurahan Mandar Sari Kabupaten Banjar. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Rabiatul Adawiah.

Kata Kunci: Inovasi, Bank Sampah, Karakter Peduli Lingkungan

Bank sampah merupakan suatu alternatif cara untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan pada masyarakat, dengan menyediakan tempat pengumpulan sampah rumah tangga yang telah dipilah dan memiliki kelayakan untuk dimanfaatkan kembali, sehingga dapat bernilai manfaat bagi lingkungan serta bernilai ekonomi bagi masyarakat.

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah tentang kepedulian masyarakat Kelurahan Mandar Sari terhadap lingkungan, peranan Bank Daur’s Purna Praja dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan masyarakat, serta kendala yang dihadapi Bank Daur’s Purna Praja dalam meningkatkan nilai karakter peduli lingkungan masyarakat di Kelurahan Mandar Sari.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Inovasi Bank Daur’s Purna Praja Sebagai Peningkatan Karakter Peduli Lingkungan Masyarakat Kelurahan Mandar Sari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan dengan cara memandang obyek kajian sebagai suatu sistem. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sumber data primer dan dilengkapi dengan sunber data sekunder. Teknik yang digunakan peneliti yaitu teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum adanya Bank Daur’s Purna Praja, sebagian masyarakat Kelurahan Mandar Sari belum memiliki kesadaran peduli lingkungan yang tinggi, sehingga berdirilah Bank Daur’s Purna Praja sebagai upaya untuk meningkatkan kepedulian lingkungan masyarakat melalui 10 inovasi program. Permasalahan yang dihadapi Bank Daur’s Purna Praja terletak pada pendanaan, transportasi, dan lahan yang belum memadai.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pemerintah daerah dapat melihat potensi yang dimiliki oleh Bank Daur’s Purna Praja dan turut memberikan dukungan agar Bank Daur’s Purna Praja semakin maksimal dalam menjalankan program-program yang ada dan terus memberikan inovasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI