DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Studi Etnomedisin Tradisi Bapidara di Kota Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan dan Tinjauan Pengembangan Ramuan Serbuk Bapidara
PENGARANG:RIZKA AFIFAH AMILIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-27


ABSTRAK

 

STUDI ETNOMEDISIN TRADISI BAPIDARA DI KOTA KANDANGAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN KALIMANTAN SELATAN DAN TINJAUAN PENGEMBANGAN RAMUAN SERBUK BAPIDARA (Oleh: Rizka Afifah Amilia; Pembimbing: Arnida, Pratika Viogenta : 2023; 32 halaman)

 

Bapidara merupakan tradisi pengobatan yang dianggap ampuh dalam penyembuhan demam pada anak yang dipercayai oleh masyarakat Kalimantan Selatan terutama di Kota Kandangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengolahan ramuan tradisional pada tradisi bapidara di Kota Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan, melakukan pengembangan peninjauan ramuan serbuk bapidara dan uji kesukaan organoleptis ramuan serbuk bapidara yang dibuat oleh peneliti dengan ramuan tradisional bapidara. Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptif eksperimental. Metode deskriptif digunakan dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kesioner. Metode eskperimental yaitu untuk mengetahui uji kesukaan organoleptis ramuan serbuk yang dibuat oleh peneliti dan ramuan tradisional asli dari pananamba.Pengolahan ramuan tradisional bapidara dilakukan dengan membuat ramuan berupa kunyit dan sirih dan daun sirih selanjutnya ditambahkan kapur sirih secukupnya. Ramuan kemudian dioleskan ke bagian tubuh seperti tangan, kaki, punggung, perut dan kepala. Hasil uji kesukaan organoleptis serbuk  bapidara terhadap panelis meliputi bentuk, warna, aroma, dan tekstur lebih unggul. Panelis lebih banyak memilih aspek variabel sangat suka dengan total skor 56 pada ramuan serbuk dibandingkan ramuan tradisional dengan skor 17 sangat suka, sehingga  dapat disimpulkan bahwa ramuan serbuk  bapidara lebih disukai panelis dibandingkan ramuan tradisional bapidara.

 

Kata kunci :etnomedisin, bapidara, tradisional, pananamba, daun sirih, kunyit.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI