DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Electronic Word of Mouth di Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc (Studi pada Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat)
PENGARANG:PISITA ENDANG JULIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-27


ABSTRAK

Komunikasi pemasaran pada saat ini mengalami perubahan dimana komunikasi word of mouth (WOM) berkembang menjadi komunikasi dari satu mulut ke-mulut yang lain melalui elektronik (electronic word of mouth). Media sosial saat ini khususnya Tiktok sering kita jumpai bentuk komunikasi martekting e-womyang umumnya berisi ulasan produk tak terkecuali skincare termasuk produk Somethinc. Pengaruh electronic word of mouth sebagai variabel bebas (Independent) terhadap keputusan pembelian sebagai variabel terikat (dependent) merupakan tujuan yang ingin diketahui pada riset ini.

  Metode kuantitatif asosiatif merupakan pendekatan dan tipe penelitian ini, sedangkan objeknya berupa pesan-pesan E-wom produk skincare Somethinc di media sosial Tiktok. Sedangkan subjek penelitian adalah mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat sebanyak 400 orang. Teknik sampling yang peneliti terapkan yakni Cluster sampling. Regresi linear sederhana merupakan teknis analisis yang diterapkan.

Hasil dari riset ini menunjukan interpretasi keputusan pembelian produk Somethinc dipengaruhi oleh electronic word of mouth di media sosial Tiktok, dengan status determinasi sedang 0,41 (41%). Sedangkan hasil penngujian hipotesis mengindikasikan nilai signifikan dibawah 0,05 yakni 0,001 serta nilai dari tabel hitung melebihi ketentuan nilai tabel yakni 4,104 > 1,97).  Hasil analisis tersebut menunjukan bahwa hipotesis alternatif menjadi satu-satunya hipotesis yang digunakan.

Kata Kunci         : Keputusan Pembelian, Electronic word of mouth, Somethinc, Tiktok

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI