DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERUBAHAN KEHIDUPAN PELAKU EKONOMI PASAR PELITA HULU BERIWIT PASCA KEBAKARAN
PENGARANG:SARIF
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-27


ABSTRAK

 

Sarif, 2023. Perubahan Kehidupan Pelaku Ekonomi Pasar Pelita Hulu Beriwit Pasca Kebakaran. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Ilmu Pendidikan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Syahlan Mattiro (II) Reski P.

 

Kata kunci: Kondisi Sosial, Kondisi Ekonomi, Kebakaran Pasar

 

Kebakaran merupakan suatu keadaan dimana bangunan pada suatu tempat seperti rumah pemukiman, pabrik, pasar, gedung, dan lain-lain dilanda api yang menimbulkan korban dan kerugian. kebakaran merupakan kejadian timbulnya api yang tidak diinginkan atau tidak pada tempatnya, yang berakibat menimbulkan kerugian harta benda, cidera bahkan kematian Dalam penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui (1) perubahan kondisi sosial masyarakat pasca terjadinya bencana kebakaran Pasar Pelita Hulu (2) perubahan kondisi ekonomi masyarakat pasca terjadinya bencana kebakaran Pasar Pelita Hulu.

            Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah purposive sampling. Informan dalam penelitian ini terdapat 7 orang informan. Dengan kriteria informan yang ditentukan yaitu masyarakat RT 4 RW 1 yang menggantungkan hidupnya di pasar Pelita Hulu sejak tahun 2015 sampai dengan 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengajian keabsahan data yang digunakan yaitu teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi.

            Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) perubahan kondisi sosial masyarakat pasca terjadinya bencana kebakaran Pasar Pelita Hulu yaitu : a) interaksi sosial masyarakat mengalami perubahan menjadi kurang terjalin baik pedagang dengan pedagang maupun pedagang dengan pembeli b) keamanan di pasar Pelita Hulu yang baru dibangun kurang aman c) konflik yang terjadi yaitu hanya ada dalam diri perorangan karena timbul rasa kesal dan tidak enak hati. (2) perubahan kondisi  ekonomi masyarakat pasca kebakaran Pasar Pelita Hulu yaitu : a) pendapatan para masyarakat sekitar pasar pasca kebakaran Pasar Pelita Hulu mengalami penurunan b) konsumsi yang dikeluarkan oleh para pelaku usaha di pasar yaitu mengutamakan untuk memenuhi kebutuhan pokok terlebih dahulu dan mengurangi pengeluaran untuk kebutuhan penunjang.

            Berdasarkan dari hasil penelitian, disarankan kepada pemerintah untuk lebih memperhatikan keamanan pasar, mengawasi para pedagang yang mengosongkan kios untuk kembali berdagang di pasar tersebut agar pasar berfungsi dan ramai pengunjung  maka penghasilan para pelaku usaha pun mengalami kenaikan dan bagi masyarakat yang menggantungkan hidupnya di Pasar Pelita Hulu seharusnya memikirkan strategi agar penjualan ramai dan pendapatan mereka menjadi naik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI