DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERKEMBANGAN DESA BABULU DARAT KECAMATAN BABULU KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA TAHUN 2002-2016
PENGARANG:HERWIN TRI PUJI ASTOWO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-28


Latar belakang penelitian ini mengenai pasca pemekaran wilayah Penajam Paser Utara dari wilayah Paser, termasuk didalamnya terdapat Desa Babulu Darat sesuai UU No. 7 tahun 2002 yang selanjutnya berkembang menjadi pusat perekonomian di Kecamatan Babulu. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menjelaskan latar belakang berdirinya Desa Babulu Darat, 2) menjelaskan perkembangan Desa Babulu Darat pasca pemekaran wilayah Penajam Paser Utara menjadi kabupaten tahun 2002-2016, dan 3) menjelaskan dampak pemekaran desa terhadap perekonomian masyarakat di Desa Babulu Darat, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara tahun 2002-2016.

Penelitian ini menggunakan metode sejarah, yaitu proses menguji dan menganalisa secara kritis rekaman dan peninggalan pada masa lampau. Metode sejarah itu terdiri dari 4 (empat) langkah kegiatan yang saling berurutan, sehingga yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan. Langkah pertama adalah tahap heuristik (pengumpulan data), kemudian tahap kritik sumber (eksternal dan internal), selanjutnya tahap interpretasi (menafsirkan data) dantahap terakhir adalah historiografi (penelitian sejarah).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasca pemekaran wilayah Penajam Paser Utara menjadi kabupaten pada tahun 2002,di mana didalamnya juga terdapat Desa Babulu Darat yang tak luput mengalami perkembangan yang signifikan di bidang ekonomi. Pemekaran wilayah Penajam Paser Utara menjadi kabupaten berdampak positif bagi Desa Babulu Darat,misalnya dalam bidang ekonomidi mana pasca pemekaran wilayah Penajam Paser Utara menjadi kabupaten,wilayah Desa Babulu Darat termasuk daerah yang cukup banyak dijadikan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan perekonomian oleh masyarakat. Di sisi lain ada pula dampak negatifnya, seperti area perekonomian masyarakat yang lebih dominan di dekat pusat jalan provinsi sehingga membuat daerah lain di Desa Babulu Darat kurang diperhatikan.

Kesimpulan dari penelitian ini bahwa perkembangan Desa Babulu Darat Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara dalam kurun waktu tahun 2002 2016, telah mengalami perubahan yang signifikan, baik dari hal positif maupun dari hal negatif terhadap masyarakat Desa Babulu Darat.

  

Kata Kunci : Perkembangan,Desa, Babulu Darat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI