DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN UNIT RESERSE KRIMINAL DALAM MENGUNGKAP TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN DI POLDA KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:RINI DWI OKTAVIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-06-29


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peranan Unit Reserse Kriminal Polda Kalimantan Selatan dalam mengungkap tindak pidana pencurian dengan pemberatan dan mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh Unit Reserse Kriminal Polda Kalimantan Selatan dalam pengungkapan tindak pidana pencurian dengan pemberatan. Skripsi ini merupakan penelitian hukum empiris dimana penelitian ini melakukan penelitian hukum empiris mengkaji hukum yang dikonsepkan sebagai perilaku nyata (actual behavior), sebagai gejala sosial yang sifatnya tidak tertulis, yang dialami setiap orang dalam hubungan hidup bermasyarakat. Penelitian ini bersikap deskriptif.

Pada hasil penelitian skripsi ini menunjukan bahwa; Pertama, Peranan Unit Reserse Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan dalam mengungkap kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan di wilayah hukumnya, Unit Reserse Kriminal Polda Kalsel melakukan peran dengan cara menerima aduan dari korban, laporan dari masyarakat, penyelidikan, penyidikan, melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), mencari informasi di sekitar TKP, mencari bukti-bukti yang ada di TKP dan telah berdasar atas KUHAP. Kedua, Kendala yang dialami dalam mengungkap kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan di wilayah hukumnya adalah terkait dengan sarana dan fasilitas yakni terkait dengan CCTV dan juga masyarakatnya yang menjadi saksi maupun pelaku. Adapun solusi dan upaya institusi kepolisian Daerah Kalsel telah dilakukan patroli unit sabhara dengan sarannya dan sesuai dengan mekanisme kerja lembaganya. Selain itu, budaya penyuluhan kesekolah juga telah dilaksanakan dan peraturan juga telah dilaksanakan seefektif mungkin untuk secara simultan proses penegakan hukum dan keadilan tersebut dapat diwujudkan secara nyata oleh pihak Polda Kalimantan Selatan.

 

Kata Kunci (keyword) : pencurian, pemberatan, tindak pidana

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI