DIGITAL LIBRARY



JUDUL:LITERATURE REVIEW: PENGARUH LOKASI, IMAGE DAN HARGA TERHDAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT
PENGARANG:NURUL FITRI HANDAYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-02


ABSTRAK

LITERATURE REVIEW:  PENGARUH LOKASI, IMAGE DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT

Nurul Fitri Handayani

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator kinerja rumah sakit untuk keberhasilan pelayanan kesehatan. Berdasarkan data Badan Pusat Jasa Statistik 2020 diketahui bahwa kepuasan pasien pada rumah sakit pemerintah berada pada angka 80%, sedangkan rumah sakit swasta adalah 83%. Standar kepuasan pasien di pelayanan kesehatan ditetapkan secara nasional oleh departemen kesehatan menurut permenkes tahun 2019 tentang standar pelayanan minimal kepuasan pasien yaitu 100%. Tujuan dari literature review ini adalah untuk melakukan telaah mengenai artikel yang berkaitan dengan pengaruh lokasi, image dan harga terhadap kepuasan pasien di rumah sakit. Penelitian ini merupakan literature review dengan metode scoping review dari hasil telaah artikel melalui google scholar didapatkan 14 artikel yang selanjutnya akan dianalisis, dan didapatkan 2 artikel (100%) menyatakan terdapat pengaruh lokasi terhadap kepuasan pasien. 8 artikel (88%) yang menyatakan bahwa image berpengaruh terhadap kepuasan pasien 1 artikel (12%) menyatakan image tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien serta 6 artikel (100%) menyatakan bahwa terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan pasien di rumah sakit.

 

Kata kunci:  Lokasi, image , harga, kepuasan pasien, rumah sakit

 

ABSTRACT

LITERATURE REVIEW:  THE EFFECT OF LOCATION, IMAGE AND PRICE ON PATIENT SATISFACTION IN HOSPITAL

Nurul Fitri Handayani

Patient satisfaction is one indicator of hospital performance for the success of health services. Based on data from the Central Statistics Agency for 2020, it is known that patient satisfaction at government hospitals is at 80%, while private hospitals are 83%. The standard for patient satisfaction in health services is set nationally by the health department according to the 2019 Permenkes regarding the minimum service standard for patient satisfaction, which is 100%. The purpose of this literature review is to conduct a review of articles related to the effect of location, image and price on patient satisfaction in the hospital. This research is a literature review using the scoping review method. From the results of article review through Google Scholar, 14 articles were obtained which will then be analyzed, and 2 articles (100%) stated that there was an effect of location on patient satisfaction. 8 articles (88%) stated that image had an effect on patient satisfaction 1 article (12%) stated image had no effect on patient satisfaction and 6 articles (100%) stated that there was an effect of price on patient satisfaction at the hospital

 

 

Keywords:  Location, image, price, patient satisfaction, hospital

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI