DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Respon Pertumbuhan dan Hasil Kubis Bunga terhadap Pemberian Pupuk Kandang Ayam dan PGPR di Tanah Gambut
PENGARANG:MONIVA RIQQA ASRI PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-02


Penelitian respon pertumbuhan dan hasil kubis bunga terhadap pemberian pupuk kandang ayam dan PGPR di tanah gambut bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi pemberian pupuk kandang ayam dengan PGPR terhadap pertumbuhan dan hasil kubis bunga pada tanah gambut, dan mengetahui pengaruh masing-masing faktor tunggal terhadap pertumbuhan dan hasil kubis bunga pada tanah gambut, telah dilaksanakandiKebun Percobaan Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru, kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan pada bulan Agustus sampai Oktober 2022.

Penelitian ini merupakan percobaan dalam polybag dengan menggunakan Rancangan Acak Lengap (RAL) faktorial 2 faktor yaitu pupuk kandang ayam (K)  terdiri : k1: pemberian pupuk kandang kotoran ayam 10 t ha-1, k2: pemberian pupuk kandang kotoran ayam 20 t ha-1, k3: pemberian pupuk kandang kotoran ayam 30 t ha-1dan dosis pemberian PGPR (P)  terdiri p0: tanpa pemberian PGPR, p1: pemberian PGPR 20 ml L-1.  Kombinasi perlakuan yaitu 6 kombinasi dengan 3 kali ulangan dan setiap ulangan terdiri dari 3 polybag, sehingga terdapat  54 tanaman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian dosis pupuk kandang ayam dan PGPR tidak berpangaruh nyata pada tinggi tanaman, jumlah daun waktu berbunga, berat segar bunga, hasil panen, berat kering tajuk, berat kering akar. rasio tajuk akar. Adapun interaksi keduanya juga tidak memberikan pengaruh nyata pada semua peubah pengamatan. Kecuali pada tanaman 2 MST dan 3 MST hanya memberikan pengaruh yang nyata pada tinggi tanaman.

Kata Kunci: Kubis bunga, Pupuk kandang ayam, PGPR, Tanah gambut

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI