DIGITAL LIBRARY



JUDUL: SISTEM PEMASARAN IKAN NILA ( Oreochromis niloticus ) STUDI KASUS DI KECAMATAN KARANG INTAN, KABUPATEN BANJAR )
PENGARANG:YUNIAR EKA PUTERI
PENERBIT:FAKULTAS PERIKANAN
TANGGAL:2017-11-03


 ABSTRAK 

 

 

 

Yuniar  Eka  Puteri.  G2D113008.  2017. Sistem  Pemasaran  Ikan  Nila 

Oreochromis  niloticus)  Studi  Kasus  di  Kecamatan  Karang  Intan 

Kabupaten  Banjar.  Tesis.  Program  Pascasarjana  Ilmu  Perikanan. Universitas  Lambung  Mangkurat.  Dibawah  bimbingan:  (I)  Emmy Lilimantik dan (II) Irma Febrianty. 

Kata kunci: ikan Nila, saluran pemasaran, selisih harga, keuntungan, pembudidaya ikan. 

Masyarakat di Kecamatan Karang Intan banyak melakukan usaha budidaya ikan 

nila  (Oreochromis  niloticus)  dan  ikan  mas  (Cyprinus  carpio),  karena  usaha 

budidaya tersebut dinilai menguntungkan selama beberapa tahun. Salah satu ikan air  tawar  yang  berpeluang  besar  untuk  dikembangkan  dan  berpotensi  ekspor adalah ikan nila karena bernilai ekonomis dan digemari masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pola saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran ikan nila berdasarkan bagian harga yang diterima produsen 

(farmer’s share) di Kecamatan Karang Intan. Penelitian dilaksanakan di Desa 

Jingah Habang dan Desa Mali-Mali Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Provinsi  Kalimantan  Selatan.  Jumlah  responden  dalam  penelitian  ini  yaitu sebanyak 15 orang petani ikan. Penentuan desa dan responden dilakukan secara 

sengaja (purposive  sampling).  Pengumpulan  data  untuk  pedagang  dilakukan 

dengan snowball  sampling,  sedangkan  untuk  konsumen  dengan purposive 

sampling. Analisis  data  meliputi  saluran  pemasaran  dan  lembaga  pemasaran, 

fungsi-fungsi  pemasaran,  marjin  pemasaran, farmer’s  share.  Ada  3  saluran 

pemasaran ikan nila di Kecamatan karang intan yaitu: 1). Petani→ Pedagang Pengumpul → Pedagang Pengecer → Konsumen (50%), 2). Petani→ Pedagang Pengecer → Konsumen (30%), dan 3). Petani→ Konsumen (20%). Total margin pemasaran  ikan  nila yang diperoleh dari petani  ikan  melalui pasar Martapura sampai ke konsumen akhir sebesar Rp 11.000 per kg. Keuntungan yang diterima oleh petani ikan sebesar Rp 3.000 per kg, sedangkan untuk pedagang pengercer sebesar Rp 1.000 per kg. Bagian harga untuk petani ikan adalah sebesar 68%, telah memenuhi criteria efisien. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI