DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SKRIPSI MEMUDARNYA OBAT KAMPUNG: PENGETAHUAN LOKAL MASYARAKAT KAMPUNG KUIN TENTANG PENGOBATAN DIARE YANG MULAI TERLUPAKAN
PENGARANG:Natasya Camilla
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-03


ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi dengan penyakit diare yang meresahkan bagi masyarakat kampung kuin dan ketidaktahuan masyarakat Kampung Kuin dalam mengobati penyakit diare yang merupakan salah satu pengetahuan lokal di Kampung Kuin. Pada zaman dahulu masyarakat Kampung Kuin merupakan masyarakat tradisional yang masih terikat dengan kebiasaan adat istiadat yang ada di lingkungannya dan pengetahuan-pengetahuan mengenai mengobati diare tersebut diturunkan kepada anak dan cucu yang mana adanya perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat Kampung Kuin pada zaman sekarang.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Bagaimana pengetahuan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Kampung Kuin dalam mengobati diare yang seharusnya masih diingat walaupun sudah mulai dilupakan (2) Apa yang menyebabkan masyarakat Kampung Kuin mulai melupakan pengetahuan lokal tersebut.

Hasil penelitian Kualitatif ini menunjukan bahwa pengetahuan lokal mengenai obat kampung dalam mengobarti diare yang dimiliki oleh masyarakat Kampung Kuin masih diingat dan masih dilakukan dalam mengobati diare seperti dikemukan oleh Kharisma Nugroho (2018) pengetahuan lokal adalah pengetahuan yang berasal dari masyarakat lokal yang dikumpulkan berdasarkan pengalaman-pengalaman nenek moyang pada zaman dulu dan di turunkan kepada anak dan cucu. Pengetahuan lokal memiliki peran penting dalam hubungan sosial dan timbal balik antara alam dan masyarakat.

Kata Kunci: Pengetahuan lokal, Obat tradisional, Diare

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI