DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Partisipasi Masyarakat Adat Dalam Menjaga Warisan Budaya Melalui Ekowisata Di Desa Pa’au Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar
PENGARANG:EMIL SALIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-03


ABSTRAK

Emil Salim. Partisipasi Masyarakat Adat Dalam Menjaga Warisan Budaya Melalui Ekowisata. Skripsi Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat. Di bawah bimbingan Setia Budhi.

Partisipasi masyarakat adat dan pokdarwis Desa Paau untuk melestarikan kebudayaan mulai terbentuk sejak 2016 menjadi titik awal Seserahan Hutan harus diadakan terbuka untuk umum dengan urgensi untuk melestarikan kebudayaan yang dimiliki Desa Paau. Tujuan penelitian ini bertujuan melihat partipasi masyarakat adat dalam menjaga warisan budaya melalui ekowisata. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dan pendekatan kualitatif dengan Teknik pengumpulan data observasi wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan hasil penelitian ini menunjukan bentuk-bentuk partisipasi yang terdapat pada Desa Paau dalam menjaga warisan budaya melalui ekowisata yaitu upacara Seserahan Hutan.  Upacara ini juga mengkampanyekan untuk selalu menjaga hutan, bersyukur atas alam dan tidak merusak alam. Namun Desa Paau berambisi untuk melestarikan kebudayaan dan alam yang mereka miliki guna menjadikan pembelajaran untuk generasi berikutnya betapa penting mencintai alam dan melestarikan budaya yang sudah memberikan penghidupan bagi masyarakat adat. Partisipasi pemikiran, tenaga, hingga materi sangat dibutuhkan untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Partisipasi yang terjadi di Desa Paau dari Masyarakat Adat dan Pokdarwis sudah berjalan dan mulai terlihat sinerginya, bahkan mereka sudah menjalin hubungan dengan organisasi pecinta alam untuk rajin mengeksplor hutan mereka guna mempelajari apa saja yang terdapat pada hutan Desa Paau.

Kata kunci: Ekowisata, Kebudayaan, Masyarakat Adat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI