DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KARAKTERISTIK FISIK DAN KIMIA PADA BIODEGRADABLE FOAM DARI TAPIOKA DAN PENAMBAHAN SERAT PURUN DANAU, SERAT BUAH KELAPA SAWIT DAN SERAT ECENG GONDOK
PENGARANG:DAVIT VINCEN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-03


Biodegradable foam merupakan kemasan altenatif yang ramah lingkungan penganti styrofoam yang tidak ramah lingkungan. Styrofoam sulit untuk didegradasi oleh mikroorganisme sehingga menciptakan limbah yang menyebabkan pecemaran lingkungan.

            Bahan dasar pembuatan biodegradable foam adalah pati yang merupakan bahan yang mudah terurai. Namun, biodegradable foam dengan bahan tapioka saja menghasilkan sifat mekanik yang tidak baik, hal yang dapat memperbaiki kekurangan tersebut ialah dengan mengunakan bahan penguat berupa serat dari alam yaitu serat purun danau, serat buah kelapa sawit dan eceng gondok. Keberadaan sumber serat yang melimpah, maka perlu dilakukannya pengujian terhadap performa dari tiap jenis serat. Perbandingan antara jenis dan ukuran yang dilakukan pengujian agar mendapatkan jenis dan ukuran yang terbaik untuk bahan tambahan pada biodegradable foam.

            Penelitian ini mengunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan 1 faktor yaitu perbedaan jenis serat dan ukuran serat yang terdiri dari 6 perlakuan yaitu serat halus purun danau (PH), serat kasar purun danau (PK), serat halus buah kelapa sawit (FH), serat kasar buah kelapa sawit (FK), serat halus eceng gondok (EH) dan serat kasar eceng gondok (EK). Sehingga dihasilkan 6 formulasi dengan banyaknya ulangan yang dirancang pada penelitian ini adalah sebanya 3 kali pengulangan. Analisis data yang digunakan adalah Uji ANOVA (Analysis of Variance) dengan dilanjutkan Uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) untuk Kadar air, kuat tekan, daya serap air dan biodegradasi dan untuk uji hedonik menggunakan Uji Kruskall-Wallis.

            Pengujian untuk menentukan hasil terbaik dilakukan dengan pembobotan terhadap setiap parameter dan didapati produk terbaik adalah produk biodegradable foam dengan kode PH yaitu biodegradable foam dengan penambahan serat halus purun danau. Nilai setiap parameter yang didapatkan pada biodegradable foam kode PH yaitu nilai daya serap air 10,08%, kuat tekan 0,76 Kgf/cm², kadar air 10,99%, biodegradasi 91,57%, tampilan fisik 4,175 dan warna 4,45.

 

Kata Kunci: Biodegradable Foam, Pati Tapioka, PVA (polyvinyl alcohol), Thermopressing.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI