DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Konsentrasi Eco-enzyme terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Seledri Varietas Amigo dalam Budidaya Urban Farming
PENGARANG:NOVIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-03


Novia. Pengaruh Konsentrasi Eco-enzyme terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Seledri Varietas Amigo dalam Budidaya Urban Farming di bawah bimbingan Hilda Susanti dan Yudhi Ahmad Nazari.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis pengaruh konsentrasi eco-enzyme terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman seledri varietas Amigo dalam budidaya urban farming. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai bulan Mei 2023 yang bertempat diRumahKacaAgronomi,FakultasPertanian,UniversitasLambung Mangkurat Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Penelitian ini merupakan percobaan di dalam polibag menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) faktor tunggal.  Faktor  perlakuannya  adalah  pupuk eco-enzyme yang terdiri atas 5 taraf perlakuan e0 = (eco-enzyme 0 mL/L) e1 = (eco-enzyme 15 mL/L), e2 =(eco-enzyme 30 mL/L), e3 = (eco-enzyme 45 mL/L), e4 =(eco-enzyme 60 mL/L). Masing-masing taraf perlakuan tersebut di ulang sebanyak 4 kali sehingga terdapat 20 satuan percobaan, setiap satuan percobaan terdiri dari 4 polibag sehingga terdapat 80 polibag. Polibag diatur dengan jarak antar polibag adalah 20 x 20 cm. Pengamatan penelitian ini meliputi pengamatantinggi tanaman (cm), jumlah daun helai, jumlah anakan (buah), berat basah tanaman layak jual (g), berat basah total tanaman (g), berat kering total tanaman (g), warna daun dan warna batang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian konsentrasi eco-enzyme tidak berpengaruh nyata terhadap peubah tinggi tanaman (14–35 HST), jumlah daun (14 – 35 HST), jumlah anakan (21 – 35 HST), berat basah tanaman layak jual, berat basah total,  berat kering total, warna daun dan warna batang. Pemberian konsentrasi eco-enzyme terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman seledri pada umur 14 HST, 21 HST, 28 HST, 35 HST tidak memberikan pengaruh  yang nyata pada tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), jumlah anakan (buah), berat tanaman layak jual (g), berat basah total (g) dan berat kering total (g).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI