DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Karakteristik Dan Kebutuhan Parkir Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Suriansyah Banjarmasin
PENGARANG:RUSDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-05


RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin sebagai rumah sakit umum daerah yang baru didirikan dengan bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan daerah kota Banjarmasin, terletak di JL. Rantauan Darat, kelayan sel., kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. sebagai kota terbesar dan terpadat di Kalimantan SelatanPerlunya area parkir yang memadai dan tertata dengan baik Hal ini bertujuan untuk kenyaman pasien maupun masyarakat setempat. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis guna mengetahui kebutuhan lahan parkir pada kondisi di Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Suriansyah Banjarmasin.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengambil data primer selama 2 hari di lapangan dengan mencatat nomor polisi, jam masuk, jam keluar kendaraan sepeda motor dan mobil penumpang dan data sekunder yakni data denah parkir dan jumlah tempat tidur yang tersedia.

            Dari hasil penelitian Studi ini didapatkan volume tertinggi 999 kend sepeda motor dan 209 mobil penumpang, akumulasi tertinggi sebesar 627 kend sepeda motor dan 39 mobil penumpang, untuk rata-rata durasi parkir tertinggi  2,35 jam/kend untuk sepeda motor dan 1,78 jam/kend untuk mobil penumpang. Nilai indeks parkir tertinggi 1,136% untuk sepeda motor dan 0,6% untuk mobil penumpang. Jumlah petak parkir yang tersedia saat ini untuk kend sepeda motor sebanyak 552 petak parkir dan untuk mobil penumpang sebanyak 65 petak parkir, sehingga kapasitas ini tidak mencukupi menampung pengguna parkir sepeda motor, dan untuk parkir mobil penumpang masih cukup untuk saat ini.

 

Kata kunci : Karakteristik Parkir, Kebutuhan Parkir, Sultan Suriansyah Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI