DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dalam Tahap Kesiapsiagaan Bencana Banjir Di Kota Banjarmasin
PENGARANG:RUSLINDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-06


Ruslinda, Tahun 2023, NIM. 1910416320047, Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam Tahap Kesiapsiagaan Bencana Banjir di Kota Banjarmasin, pembimbing Ibu Rosalina Kumalawani.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian, Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Banjarmasin yaitu Peran Aktif, Partisipatif dan Pasif. Peran Aktif di lakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah yaitu, mengadakan sosialisasi, monitoring, pelatihan dan pendidikan. Peran Partisipatif seperti himbauan, siap 24 jam menerima panggilan kedaruratan, menyiapkan peralatan kedaruratan dan logistik. Peran Pasif, mendengarkan keluhan masyarakat, dukungan moral, simbol peringatan bencana. Faktor pendukung yaitu anggaran pemerintah, aparatur dan keterlibatan masyarakat, pengetahuan, keterampilan dan koordinasi yang baik. Faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran masyarakat dan kapasitas sarana prasarana.

Kepada Badan Penanggulangan Bencana Dearah sebaiknya  program pelatihan dan pendidikan, kelengkapan sarana dan prasarana, sosialisasi kebencanaan harus lebih sering dilakukan dan dilakukan menyeluruh. Kepada Masyarakat ikuti sosialisasi kebencanaan, terus menerus memantau sosial media Badan Penanggulangan Bencana Daerah, melakukan gontong-royong, dan taati peraturan pemerintah untuk tidak membuang sempah sembarangan dan tidak membangun rumah di pinggiran sungai.

 

Kata kunci: Peran, Bencana Banjir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI