DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PENDAMPING DESA DALAM PEMBANGUNAN DESA (Perbandingan Desa Wiritasi dengan Desa Barugelang)
PENGARANG:Hasmirah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-06


ABSTRAK

Hasmirah, D1B114018, 2023,” Efektivitas Pendamping Desa dalam  Pembangunan Desa (Studi Perbandingan Desa Wiritasi dan Desa Barugelang)”. Di bawah bimbingan Setia Budhi selaku pembimbing I, dan Gazali Rahman  pembimbing II.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas pendamping desa dalam pembangunan di Desa Wiritasi dan Desa Barugelang dan mengetahui tantangan pendamping desa dalam meningkatkan pembangunan di Desa Wiritasi dan Desa Barugelang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian komparatif. Sumber penelitian adalah Pendamping Desa, Aparatur Pemerintah Desa, Kepala Desa, dan Masyarakat Desa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pendamping desa dalam Pembangunan Desa pada Desa Wiritasi dan Desa Juku Eja bisa dikatakan sudah cukup efektif. Hal ini bisa dilihat dari adanya beberapa pembangunan fisik yang sudah direalisasikan di Desa Wiritasi dan Desa Barugelang yang sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa. Walaupun ada beberapa kendala pada partisipasi masyarakat desa yang masih kurang dalam perencanaan pembangunan. Dalam hal tugas pendamping desa sudah cukup baik dalam hal mendampingi pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat.

Kepada Pemerintah desa dan pendamping desa perlu   dilakukan bentuk penyadaran kepada masyarakat desa mengenai partisipasi masyarakat desa dalam perencanaan pembangunan desa.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Pendamping Desa, Pembangunan Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI