DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PRODUKTIVITAS ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA AKTIVITAS PEMINDAHAN OVERBURDEN DI PT PAMAPERSADA NUSANTARA DESA MAKMUR MULIA, KEC. SATUI, KAB. TANAH BUMBU, PROV. KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:SEPTIYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-07


EVALUASIPRODUKTIVITASALATGALIMUATDANALATANGKUTPADAAKTIVITAS PEMINDAHANOVERBURDENDIPTPAMAPERSADA NUSANTARA DESA MAKMUR MULIA, KEC. SATUI,KAB.TANAH BUMBU,PROV.KALIMANTANSELATAN

SEPTIYADI

Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Lambung Mangkurat

 

ABSTRAK

Pengupasan overburden merupakan salah satu kegiatan yang sangat mempengaruhi dalam kegiatan penambangan, semakin tinggi produktivitas dan jam kerja pada kegiatan pengupasan overburden maka produksi akan semakin tinggi. Untuk mencapai target produktivitas perlu menghitung tingkat kinerja dari alat gali-muat dan alat angkut, ketersediaan alat, metode loading yang diterapkan, material loading dan lingkungan yang termasuk dalam faktor yang mempengaruhi pencapaian target produktivitas.

Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data primer dan data sekunder menggunakan beberapa cara seperti observasi langsung kelapangan dan menggunakan data-data perusahaan. Proses pemecahan masalah ini menggunakan metode analisis disertai dengan data-data seperti tabel dan grafik untuk penyampaian informasi hasil penelitian.

Berdasarkan dari hasil pengambilan data dilapangan, maka didapatkan rata-rata cycle timealat gali muat Komatsu PC 1250 di PIT 9N didapatkan sebesar 24,54 detik, kemudian rata-rata cycle time alat angkut Komatsu HD 785di PIT 9N sebesar 971,79 detik. Untuk tingkat ketercapaian antara target produktivitas dengan aktual, rata-rata produktivitas dengan tingkat ketercapaian alat gali muat Komatsu PC 1250 sebesar 530,15 BCM/Jam dengan tingkat ketercapaian 100,98%. Tingkat ketercapaian antara target produktivitas dengan aktual, rata-rata produktivitas dengan tingkat ketercapaian alat angkut Komatsu HD 785sebesar 127,36 BCM/Jam dengan tingkat ketercapaian 106,13%. Berdasarkan hasil perhitungan match factor dengan menggunakan data aktual didapatkan hasil match factor sebesar 0,91 dengan menggunakan alat angkut sebanyak 4.

Kata-kata Kunci : Cycle Time, Produktivitas, Target Produkvitas, Match Factor

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI