DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-MODUL PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2022/2023
PENGARANG:MUHAMMAD HASAN AMIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-07


Berpikir kritis dan literasi sains merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan bagi setiap peserta didik di abad 21. Penelitian ini merupakan penelitian R&D untuk mengembangkan e-modul materi larutan penyangga dengan pendekatan science environment technology and society untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul yang dikembangkan dengan model evaluatif Tessmer (self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation, and field test evaluation). Subjek penelitian yaitu 5 orang validator dan peserta didik XI MIPA SMA Negeri 12 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, lembar observasi, dan instrumen tes. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kevalidan ditinjau dari aspek isi, penyajian, bahasa, dan media rata-rata sangat valid dengan skor 96,08%, (2) Kepraktisan ditinjau dari angket dan lembar observasi rata-rata sangat praktis dengan skor 3,71, (3) Keefektifan ditinjau dari N-gain kemampuan berpikir kritis dengan skor 0,77 dan literasi sains dengan skor 0,80 pada kategori tinggi serta ketuntasan belajar secara klasikal rata-rata 91,90% kategori sangat baik. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI