DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani Padi Sawah di Desa Gunung Melati Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut
PENGARANG:NAILY ZULFIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-10


Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis struktur pendapatan dan struktur pengeluaran serta menganalisis ketahanan pangan berdasarkan pangsa pengeluaran pangan rumah tangga petani padi sawah di Desa Gunung Melati Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Maret 2023 sampai dengan Mei 2023. Data yang digunakan dalam penelitian meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari  hasil wawancara langsung dengan responden.  Data sekunder diperoleh dari lembaga atau instansi   terkait dengan  penelitian seperti  dari BPP Batu Ampar, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut, BPS Kabupaten Tanah Laut, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, BPS Provinsi Kalimantan Selatan serta  dariliteratursepertibuku,jurnal,dansumber-sumberlainyangmenunjangpenelitian.  Untuk metode penarikan contoh menggunakan metode  Simple Random Sampling, yaitu 32 responden.

Hasil  penelitian menunjukkan bahwa total rata-rata pendapatan rumah tangga petani di Desa Gunung Melati sebesar Rp.69.525.868/tahun. Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangga petani di Desa Gunung Melati sebesar Rp.27.336.127/tahun. Tingkat ketahanan pangan rumah tangga petani padi sawah di Desa Gunung Melati berdasarkan rata-rata pangsa pengeluaran pangan adalah tahan pangan dengan persentase 53%. Adapun rincian responden yang tahan pangan terdiri dari 66% dan keadaan tidak tahan pangan terdiri dari 34%.

Berdasarkan penelitian ini, diharapkan dapat mempertahankan lahan pertanian yang ada agar luas lahan tersebut tidak semakin menipis sehingga petani dapat meningkatkan jumlah produksi yang dihasilkan. Petani juga diharapkan mampu mengembangkan usaha yang dimiliki agar dapat meningkatkan pendapatan sehingga mampu untuk meningkatkan pengeluaran rumah tangga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI