DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perbandingan User Experience Generasi Y dan Z Terhadap Aplikasi McDonald's Menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ)
PENGARANG:RAHMADANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-10


Berbelanja secara online adalah sebuah bentuk perdagangan yang dapat dilakukan melalui internet, dimana konsumen dapat merasakan kenyamanan berbelanja, kapan saja dan dimana saja, tanpa memerdulikan letak geografis dari para konsumen. Survei We Are Social pada April 2021 mencatat pengguna internet di Indonesia yang menggunakan jasa layanan secara online telah mencapai 88,1%. McDelivery Mobile Application adalah aplikasi pemesanan makanan cepat saji berbasis franchise dari perusahaan McDonald’s yang dikembangkan untuk membantu efektifitas pemasaran dan pemberian kemudahan dalam hal pemesanan makanan jarak jauh kepada konsumen. Dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui kualitas layanan yang dirasakan oleh pengguna generasi Y dan Z menggunakan metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ). Aspek dalam User Experience Questionnaire (UEQ) yaitu attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation, novelty. Attractiveness. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebar kuesioner secara online kepada masyarakat Indonesia yang menggunakan aplikasi McDonald’s. Analisis dilakukan dari 400 data responden, 200 untuk generasi Y dan 200 untuk generasi Z agar seimbang dengan metode UEQ dan Usability Testing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai skor Usability pada kedua generasi berada pada rentang yang baik, dengan generasi Z memiliki nilai sedikit lebih tinggi dibandingkan generasi Y, terdapat perbedaan minor antara generasi Y dan Z dalam pengguna aplikasi McDonald’s tetapi pengalaman pengguna yang positif dari segi emosi, kepuasan dan efektivitas.

Kata Kunci : McDonald’s, Usability, UEQ, User Experience, McDelivery, Generasi Y dan Z

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI