DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI DESAIN SISTEM DRAINASE JALAN GOLF KM. 0,9–1,6 KELURAHAN LANDASAN ULIN UTARA, KECAMATAN LIANG ANGGANG, KOTA BANJARBARU
PENGARANG:WINDY AYUNDARI RACHMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-10


ABSTRAK

 

Jalan Golf Km. 0,9-1,6 merupakan salah satu jalan yang berada di Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru. Genangan air hujan sering ditemukan di beberapa titik pada kawasan ini. Bahkan pada akhir tahun 2020 sampai awal tahun 2021 genangan pernah mencapai 10 cm hingga 50 cm. Genangan ini dapat merugikan dan mengganggu masyarakat apabila tidak ditangani. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini dilakukan perhitungan debit banjir rencana dan evaluasi kapasitas saluran drainase eksisting dalam menampung debit banjir rencana. Selain itu dilakukan pula desain ulang terhadap dimensi saluran drainase khususnya pada saluran-saluran drainase dengan kapasitas penampang kurang dari debit pada kala ulang 25 tahun.

Pada penelitian ini data primer seperti dimensi saluran eksisting, arah layanan dan kondisi saluran diperoleh dari hasil pengamatan dan pengukuran di lokasi penelitian. Sedangkan data sekunder seperti peta lokasi, kemiringan lahan dan saluran, luas daerah dan tutupan lahan diperoleh dari aplikasi Google Earth. Adapun analisis hidrologi dilakukan menggunakan data curah hujan harian maksimum 20 tahun terakhir periode 2001-2022 dari Stasiun Klimatologi Syamsuddin Noor. Nilai debit banjir rencana dihitung menggunakan Metode Rasional. Setelah itu, dibandingkan dengan nilai debit saluran eksisting. Apabila debit saluran eksisting belum mencukupi, maka dilakukan perencanaan ulang dimensi drainase. Simulasi hidraulika dilakukan dengan bantuan software HEC-RAS 4.1.

Berdasarkan hasil perhitungan dan simulasi dengan software HEC-RAS terdapat 23 saluran yang melimpas untuk input data debit banjir rencana kala ulang 25 tahun. Oleh sebab itu, dilakukan perencanaan ulang dimensi drainase berdasarkan debit banjir rencana dengan kala ulang 25 tahun. Perubahan kapasitas cukup besar terjadi pada saluran 20. Saluran 20 mulanya memiliki kapasitas eksisting sebesar 1,602 . Setelah digunakan dimensi rencana diperoleh kapasitas saluran rencana sebesar 6,080  yang mampu menampung debit banjir rencana dengan kala ulang 25 tahun sebesar 5,085. Tinggi penampang rencana untuk saluran 20 adalah 1,5 m sedangkan lebar penampang rencana sebesar 2 m.

 

Kata Kunci: genangan, drainase, Jalan Golf, debit banjir, evaluasi saluran drainase

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI