DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh User Stickiness, Dimensi IT Affordance, Perceived Value Terhadap Niat Beli Kembali Konsumen Melalui Livestream selling Tiktok Shop
PENGARANG:VANIA LAILI RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-10


Tiktok merupakan platform social commerce yang diminati di Indonesia. Melalui

fitur livestream selling, Tiktok berhasil meningkatkan penjualan dengan cepat.

Penelitian ini mengaplikasikan teori keterjangkauan Teknologi Informasi (IT

Affordance) yang mempertimbangkan teknologi dan persepsi konsumen terhadap

fitur livestream selling. IT Affordance berperan sebagai faktor yang memengaruhi

niat beli kembali konsumen. Selain IT Affordance, penelitian ini juga meneliti

pengaruh faktor seperti user stickiness (retensi pengguna dan lama penggunaan)

dan perceived value (diskon, kualitas produk, dan interaktivitas yang dirasakan

konsumen) terhadap niat beli kembali melalui livestream selling di Tiktok Shop.

Model penelitian ini didasarkan pada hipotesis yang berasal dari teori IT

Affordance, teori Uses and Gratifications, perceived value, dan user stickiness.

Variabel yang diteliti meliputi retensi pengguna, lama penggunaan, visibility,

guidance Shopping, triggered attending, diskon yang dirasakan, kualitas produk

yang dirasakan, interaktivitas yang dirasakan, hedonic gratification, utilitarian

gratification, dan niat beli kembali. Penelitian ini menggunakan 419 data valid yang

dikumpulkan melalui kuesioner online kepada masyarakat Indonesia. Analisis data

dilakukan menggunakan metode PLS-SEM dengan aplikasi smartPLS. Hasil

analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor dari variabel affordance (visibility,

guidance Shopping, triggered attending) berpengaruh signifikan terhadap niat beli

kembali melalui livestream selling Tiktok Shop, begitu juga dengan retensi

pengguna, lama penggunaan, diskon, dan interaktivitas yang dirasakan. Namun,

kualitas produk yang dirasakan tidak mempengaruhi niat beli kembali. Penelitian

ini juga menunjukkan bahwa variabel utilitarian dan hedonic gratification berhasil

memediasi sebagian terhadap variabel niat beli kembali.

Kata Kunci: Livestream selling Tiktok Shop, IT Affordance, User Stickiness, Perceived Value, Niat Beli Kembali, PLS-SEM

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI