DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Pengaruh User Stickiness, Dimensi IT Affordance, Perceived Value Terhadap Niat Beli Kembali Konsumen Melalui Livestream selling Tiktok Shop | |
PENGARANG | : | VANIA LAILI RAHMAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-07-10 |
Tiktok merupakan platform social commerce yang diminati di Indonesia. Melalui
fitur livestream selling, Tiktok berhasil meningkatkan penjualan dengan cepat.
Penelitian ini mengaplikasikan teori keterjangkauan Teknologi Informasi (IT
Affordance) yang mempertimbangkan teknologi dan persepsi konsumen terhadap
fitur livestream selling. IT Affordance berperan sebagai faktor yang memengaruhi
niat beli kembali konsumen. Selain IT Affordance, penelitian ini juga meneliti
pengaruh faktor seperti user stickiness (retensi pengguna dan lama penggunaan)
dan perceived value (diskon, kualitas produk, dan interaktivitas yang dirasakan
konsumen) terhadap niat beli kembali melalui livestream selling di Tiktok Shop.
Model penelitian ini didasarkan pada hipotesis yang berasal dari teori IT
Affordance, teori Uses and Gratifications, perceived value, dan user stickiness.
Variabel yang diteliti meliputi retensi pengguna, lama penggunaan, visibility,
guidance Shopping, triggered attending, diskon yang dirasakan, kualitas produk
yang dirasakan, interaktivitas yang dirasakan, hedonic gratification, utilitarian
gratification, dan niat beli kembali. Penelitian ini menggunakan 419 data valid yang
dikumpulkan melalui kuesioner online kepada masyarakat Indonesia. Analisis data
dilakukan menggunakan metode PLS-SEM dengan aplikasi smartPLS. Hasil
analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor dari variabel affordance (visibility,
guidance Shopping, triggered attending) berpengaruh signifikan terhadap niat beli
kembali melalui livestream selling Tiktok Shop, begitu juga dengan retensi
pengguna, lama penggunaan, diskon, dan interaktivitas yang dirasakan. Namun,
kualitas produk yang dirasakan tidak mempengaruhi niat beli kembali. Penelitian
ini juga menunjukkan bahwa variabel utilitarian dan hedonic gratification berhasil
memediasi sebagian terhadap variabel niat beli kembali.
Kata Kunci: Livestream selling Tiktok Shop, IT Affordance, User Stickiness, Perceived Value, Niat Beli Kembali, PLS-SEM
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI