DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERENCANA (KB) RUHUI RAHAYU DALAM PENINGKATAN SANITASI DAN LINGKUNGAN DI DESA PAKAN DALAM KECAMATAN DAHA UTARA KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:NOOR HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-10


ABSTRAK

Noor Hasanah, 1910413220029, 2023, Implementasi Program Kampung Keluarga Berencana (KB) Ruhui Rahayu Dalam Peningkatan Sanitasi Dan Lingkungan Di Desa Pakan Dalam Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Di bawah Bimbingan Safa Muzdalifah

Penelitian ini berujuan untuk mengetahui implementasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi program kampung keluarga berencana (KB) Ruhui Rahayu dalam peningkatan sanitasi dan lingkungan di desa Pakan Dalam Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Metode Penelitian yang digunakan adalah Pendekatan Kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Menggunakan informan penelitian, Teknik Pengumpulan data yaitu, Observasi, wawancara, dan Dokumen. Teknik Analisis Data meliputi Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan.

Hasil penelitian menujukkan bahwa pengimplementasian Implementasi Program Kampung Keluarga Berencana (KB) Ruhui Rahayu Dalam Peningkatan Sanitasi Dan Lingkungan Di Desa Pakan Dalam Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan terlihat telah dilaksanakan dengan baik, namun yang menjadi faktor penghambat dalam pengimplementasian program tersebut yaitu kurangnya kesadaran Sebagian masyarakat yang masih membuang kotoran ke sungai serta proses penyaluran dana bantuan bedah rumah RTM yang tidak langsung ditanggapi.

Kepada pemerintah Desa agar dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat agar meningkatkan pasritipasinya terhadap program yang dilaksanakan dan memberikan himbauan agar msyarakat tidak membuang kotoran di sungai yang dapat mencemarkan lingkungan dan menjadi penyebab timbulnya penyakit. Serta, Kepada Aparatur Desa agar dapat mempermudah penyaluran dana bantuan untuk program bedah rumah RTM.

Kata Kunci : Implementasi, Implementasi Program, Kampung KB, Sanitasi dan Lingkungan,

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI