DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Meteri Ajar Elektronik Usaha dan Energi Menggunakan Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Melatihkan Literasi Digital Peserta Didik
PENGARANG:FAISAL RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-11


Kemampuan literasi digital peserta didik yang sangat kurang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan materi ajar usaha dan energi menggunakan pembelajaran penemuan terbimbing yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk melatihkan literasi digital peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian adalah 26 peserta didik kelas X MIPA 4 SMAN 4 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi, angket respon peserta didik, dan angket literasi digital serta diperkuat tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) materi ajar termasuk valid, karena nilai validitasnya sebesar 3,16 dengan kategori valid, (2) materi ajar termasuk praktis, karena setiap aspek materi ajar dapat respon yang baik, dan (3) materi ajar termasuk efektif, karena ketercapaian literasi digital dalam kategori cukup dan n-gain hasil belajar sebesar 0,73 dalam kategori tinggi. Dengan demikian, materi ajar usaha dan energi menggunakan pembelajaran penemuan terbimbing adalah layak digunakan untuk melatihkan literasi digital peserta didik dalam pembelajaran fisika.

Kata kunci: Literasi digital, materi ajar elektronik, pembelajaran penemuan terbimbing.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI