DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI PARASIT MONOGENEA DAN DIGENEA PADA IKAN TIMPAKUL (Periopthalmodon schlosseri) DI DESA KUALA LUPAK KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:Desy Nurapriana
PENERBIT:FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
TANGGAL:2019-01-11


ABSTRAK
IDENTIFIKASI PARASIT MONOGENEA DAN DIGENEA PADA IKAN TIMPAKUL (Periopthalmodon schlosseri) DI DESA KUALA LUPAK KALIMATAN SELATAN (Oleh Desy Nurapriana; Pembimbing : Heri Budi Santoso, Hidayaturrahmah; 2018; 39 halaman)
Parasit merupakan organisme yang hidupnya merugikan inangnya. Parasit monogenea dan digenea merupakan parasit yang paling banyak menyerang pada ikan. Parasit monogenea pada umumnya merupakan ektoparasit dan digenea sebagai endoparasit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan parasit monogenea dan digenea apa saja pada ikan timpakul (Periopthalmodon schlosseri) di Desa Kuala Lupak Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan 25 sampel ikan timpakul (Periopthalmodon schlosseri) yang diambil secara acak di Desa Kuala Lupak Kalimantan Selatan. Sampel ikan yang diamati meliputi ektoparasit dan endoparasit pada bagian lendir, sirip, insang, usus, lambung dan daging. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ikan timpakul (Periopthalmodon schlosseri) ditemukan parasit digenea namun parasit monogenea tidak ditemukan. Parasit digenea yang ditemukan adalah dari genus Opecoeloides dan family Buchepalidae, kista metaserkaria dan parasit dari filum nematoda. Parasit monogenea tidak ditemukan dikarenakan kepadatan ikan yang rendah, perilaku ikan yang jarang berada di air, dan nutrisi yang tercukupi yang merupakan kebalikan dari faktor pendukung pertumbuhan monogenea. Infeksi parasit terjadi karena ikan memakan beberapa inang perantara digenea seperti siput dan ikan lain, selain itu kondisi perairan yang telah tercemar telur digenea memungkinkan siklus hidup digenea terus berlanjut pada ikan.
Kata kunci: timpakul, parasit, digenea, Opecoeloides, Bucephalidae

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI