DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEMISKINAN DI KELURAHAN TELUK DALAM KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:GHINA RAHAYU SHONYYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-12


Kemiskinan merupakan suatu masalah yang menyangkut banyak aspek karena berkaitan dengan pendapatan yang rendah, pendidikan yang rendah, dan buruknya lingkungan hidup. Kemiskinan di pandang sebagai kondisi di mana seseorang atau sekelompok orang tidak terpenuhi hak-hak dasarnya secara layak untuk menempuh dan mengembangkan kehidupan yang bemartabat. Mengatasi masalah kemiskinan tidak dapat dilakukan secara terpisah dari masalah pengangguran, pendidikan, dan masalah-masalah lain yang secara eksplisit berkaitan erat dengan masalah kemiskinan.

            Permasalahan strategis di Kelurahan Teluk dalam tidak jauh berbeda dengan pemerintah pusat (problem nasional) yaitu tingginya angka kemiskinan dan jumlah pengangguran yang fluktuatif. Tujuannya di lakukan penelitian ini dapat menganalisis bagaimana dan seberapa besar pengaruh variabel pendidikan, pendapatan dan pengangguran terhadap tingkat kemiskinan sehingga nantinya diharapkan dapat di gunakan sebagai salah satu dasar dalam penentuan dalam mengatasi masalah kemiskinan di Kelurahan Teluk Dalam.

            Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dimana penelitian ini menggunakan data primer yaitu hasil obervasi di lapangan yaitu menggunakan kuisoner. Dalam penelitian ini informasi dan data di peroleh dari perpustakaan atau dari laporan-laporan penelitian terdahulu. Data sekunder dalam penelitian ini bersumber dari Badan Pusat Statistik di Kelurahan Teluk Dalam.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pendidikan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan, kemudian variabel pendapatan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan, dan variabel pengangguran berpengaruh positif dan tidak signifikan.

Kata kunci : Kemiskinan, Pendidikan, Pendapatan, Pengangguran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI