DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMICU KETIMPANGAN PENDAPATAN DI REGIONAL KALIMANTAN
PENGARANG:LAILI NURHASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-12


Laili Nurhasanah (2023). Pemicu Ketimpangan Pendapatan di Regional Kalimantan. Pembimbing: Dr. Hj. Muzdalifah, SE, M.Si

       Penelitian ini dilakukan (1) untuk mengetahui pengaruh dari pertumbuhan ekonomi, pendidikan, PDRB sektor pertanian dan PDRB sektor pertambangan secara parsial terhadap ketimpangan pendapatan di Regional Kalimantan; (2) untuk mengetahui pengaruh dari pertumbuhan ekonomi, pendidikan, PDRB sektor pertanian dan PDRB sektor pertambangan secara simultan terhadap ketimpangan pendapatan di Regional Kalimantan; (3) untuk mengetahui faktor apa yang paling dominan mempengaruhi ketimpangan pendapatan di  Regional Kalimantan.

       Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatid. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh melalui Badan Pusat Statistik dari 5 provinsi di Regional Kalimantan periode 2015-2020. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah regresi data panel dengan alat analisis Eviews 12.

       Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi, pendidikan, PDRB sektor pertanian, PDRB sektor pertambangan berpengaruh signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Regional Klaimantan, baik secara parsial maupun simultan. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa pendidikan merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi ketimpangan pendapatan di Regional Kalimantan. 

Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi; Pendidikan; PDRB Sektor Pertanian; PDRB Sektor Pertambangan; Ketimpangan Pendapatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI