DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EKSISTENSI KOMUNITAS PERPEDAYAK DPW PASUKAN LAWUNG BAHANDANG DI BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MAYANG SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-12


Mayang Sari, 2023. Eksistensi Komunitas Perpedayak DPW Pasukan Lawung Bahandang

Di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Yuli Apriati.

 

Kata Kunci : Eksistensi, Komunitas, Regenerasi Anggota Baru.

             Komunitas, organisasi, maupun kelompok sosial merupakan wadah bagi setiap individu untuk mencapai tujuannya. Keberadaan suatu komunitas membutuhkan pengakuan dari masyarakat agar dapat bertahan ditengah beragamnya komunitas lain. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan komunitas Perpedayak DPW Pasukan Lawung Bahandang dalam mempertahankan eksistensi budaya lokal di era globalisasi, (2) Mendeskripsikan upaya penggiat komunitas Perpedayak dalam melaksanakan regenerasi anggota baru.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data ditentukan secara purposive sampling dengan jumlah informan 4 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan pengujian keabsahan data yang digunakan yaitu dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Komunitas Perpedayak DPW Pasukan Lawung Bahandang dalam mempertahankan eksistensi budaya lokal di era globalisasi antara lain, komunitas Perpedayak DPW Pasukan Lawung Bahandang mempunyai kekhasan yang berbeda dari komunitas adat lokal lainnya, mementaskan beledang setiap bulan ditempat berbeda, menghadiri undangan hari-hari besar dan acara pemerintahan, melakukan ritual wajib di bukit rawi, komunitas perpedayak turut ikut andil dalam kegiatan kemanusiaan. (2) Upaya penggiat komunitas Perpedayak DPW Pasukan Lawung Bahandang dalam melaksanakan regenerasi anggota baru yaitu: membuka kesempatan setiap hari dan setiap saat, hanya menerima suku Dayak dan suku Banjar, komunitas dalam menarik minat masyarakat, dan melakukan proses regenerasi anggota baru dalam komunitas Perpedayak.

            Berdasarkan penelitian ini disarankan, bagi Komunitas Perpedayak DPW Pasukan Lawung Bahandang diharapkan terus melestarikan budaya adat lokal dan mengembangkan kreativitas dengan cara mengikuti kegiatan-kegiatan besar budaya dayak dan bagi pemerintah agar dapat melihat potensi dan mendukung kegiatan  yang dimiliki oleh komunitas Perpedayak DPW Pasukan Lawung Bahandang untuk mempertahankan eksistensi budaya adat lokal Kalimantan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI