DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PERBANDINGAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN PSAK 73 TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DI SEKTOR TRANSPORTASI DAN LOGISTIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021
PENGARANG:MUTIA NOOR FITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-13


Mutia Noor Fitri (2023), Analisis Perbandingan Sebelum dan Sesudah Penerapan PSAK 73 Terhadap KinerjaKeuangan Perusahaan di Sektor Transportasi danLogistik yang Terdaftar di Bursa Efek IndonesiaPeriode 2019-2021. Pembimbing: Dra. Rasidah, M.Si, Ak, CA, CPA.

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis perbandingan sebelum dan sesudah penerapan PSAK 73 agar dampak penerapannya terhadap kinerja keuangan perusahaan di sektor transportasi dan logistik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2019-2021 dapat dianalisis.

Jenis penelitian ini adakah kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif yang menjelaskan dampak penerapan PSAK 73 terhadap kinerja perusahaan di sektor transportasi dan logistik dalam BEI setelah membandingkan pos-pos yang terdampak PSAK 73 dan rasio-rasio keuangan dalam bentuk deskripsi/kata-kata. Objek yang diteliti adalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam sektor transportasi dan logistik. Subjek penelitian adalah laporan posisi keuangan konsolidasian dan laporan laba rugi dan penghasilan kompeherensif lain konsolidasian tahun 2019, 2020, dan 2021.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah menerapkan PSAK 73 pada tahun 2020, kinerja keuangan perusahaan semakin memburuk. Pada tahun 2021, DAR, ROA, dan ROE semakin membaik dibandingkan tahun 2020, hanya DER yang semakin memburuk. Rasio yang paling terdampak adalah rasio DER.

 

Kata Kunci: Kinerja Keuangan, PSAK 73, Rasio Profitabilitas, Rasio Solvabilitas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI