DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KELIMPAHAN CACING TANAH DENGAN BEBERAPA SIFAT TANAH DI BERBAGAI PENGGUNAAN LAHAN
PENGARANG:NISA SAPUTRI YANTI
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2019-01-15


RINGKASAN
Nisa Saputri Yanti. Hubungan Kelimpahan Cacing Tanah dengan Beberapa Sifat Tanah di Berbagai Penggunaan Lahan di bawah bimbingan Ir. Hj. Meldia Septiana, M.Si dan Dr. Ir. Fakhrur Razie, M. Si.
Penelitian ini bertujuan Untuk menghitung kelimpahan cacing tanah di penggunaan lahan yang berbeda dan untuk mengetahui sifat-sifat tanah apa saja yang berhubungan dengan kelimpahan cacing tanah pada penggunaan lahan yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian eksplorasi dengan menggunakan metode survey di beberapa penggunaan lahan. Pengamatan yang digunakan untuk menentukan hubungan kelimpahan cacing tanah dengan beberapa sifat tanah di berbagai penggunaan lahan. Mengukur daya jelajah panjang cacing tanah, pengambilan bahan organik segar untuk menghitung biomassa segar, serta pengambilan sampel tanah untuk, analisis pH tanah (pH H2O), tekstur tanah (Metode Pipet), C-organik (Metode Walkley-Black), N-total (Metode Mikro kjeldahl) di laboratorium.
Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan kelimpahan cacing tanah dengan beberapa sifat tanah di berbagai penggunaan lahan memiliki kelimpahan yang tertinggi pada lahan padang rumput dengan total kelimpahan 170.000 ekor/ha serta pH dan biomassa adalah sifat-sifat tanah yang berhubungan dengan kelimpahan cacing tanah dipenggunaan lahan yang berbeda.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI