DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS TREN CURAH HUJAN EKSTRIM UNTUK DETEKSI PERGESERAN TIPE IKLIM DI KOTA BANJARBARU
PENGARANG:ALYA TSABITA IMTIYAZA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-14


Alya Tsabita Imtiyaza, 2023, NIM 1910416320007, Analisis Tren Curah Hujan Ekstrim untuk Deteksi Pergeseran Tipe Iklim di Kota Banjarbaru, Dr. Rosalina Kumalawati, M.Si

 

Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui karateristik curah hujan ekstrim di wilayah Banjarbaru, mengetahui kecenderungan frekuensi/tren kejadian hujan selama 30 tahun terakhir di wilayah Banjarbaru dan mendeteksi pergeseran tipe iklim di wilayah Banjarbaru.

 

Penelitian ini di menggunakan metode penelitian kuantitatif dan deskriptif. Penelitian dilakukan di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Populasi pada penelitian ini adalah data curah hujan di Banjarbaru tahun 1993-2022 sedangkan sampel pada penelitian ini adalah data curah hujan sedang dengan intensitas 20-50 mm dan curah hujan lebat dengan intensitas diatas 50 mm di Banjarbaru tahun 1993-2022. Penelitian menggunakan analisis rata-rata, analisis tren, analisis regresi dan analisis iklim Oldeman.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kota Banjarbaru memiliki pola curah hujan monsun. Telah terjadi penurunan curah hujan di Kota Banjarbaru serta terjadi pergeseran tipe iklim dari C1 menjadi C2 di Kota Banjarbaru. Pergeseran tipe iklim berpengaruh terhadap pola tanam di Kota Banjarbaru. Tanaman yang cocok dikembangkan yaitu tanaman padi dapat dikembangkan sekali dan palawija dua kali dalam setahun, tetapi penanaman palawija yang kedua harus memperhatikan bulan kering.

 

Kata Kunci: Curah Hujan, Tren, Oldeman

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI