DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2018
PENGARANG:M. RIZKY FACHRIZAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-16


Muhammad Rizky Fachrizan, (2022). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018. Pembimbing: Ayu Oktaviani.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh good corporate governancepada kinerja keuangan perusahaan.Indikator mekanisme good corporate governance diproksikan dengan jumlah dewan direksi, dewan komisaris, komisaris independen, kepemilikan institusional, dan kepemilikan manajerial. Sedangkan pengukuran kinerja keuangan diukur dengan Return on Assets (ROA).

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2018. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 16 perusahaan perbankan berdasarkan kriteria tertentu. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dewan direksi berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Sedangkan dewan komisaris, komisaris independen, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018.

 

Kata Kunci: Good Corporate Governance, Dewan Direksi, Dewan Komisaris Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Kinerja Keuangan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI