DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA BERDASARKAN PMK NOMOR 40 TAHUN 2020 (STUDI KASUS DI DESA MATARAMAN KABUPATEN BANJAR TAHUN 2020-2022)
PENGARANG:NOR MADINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-17


Madina, Nor. (2023) Analisis Efisiensi dan Efektivitas Pelaksanaan Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Berdasarkan PMK Nomor 40 Tahun 2020 (Studi Kasus di Desa Mataraman Kabupaten Banjar Tahun 2020-2022)

Pembimbing: Dr. Kadir, Drs, M.Si, Ak,CA

 

            Penelitian ini dilakukan di Desa Mataraman Kecamatan Mataraman. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efisiensi dan efektivitas pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) berdasarkan PMK Nomor 40 Tahun 2020.

 

            Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder yang diperoleh dari Kantor dan masyarakat Desa Mataraman Kecamatan Mataraman berkaitan tentang efisiensi dan efektivitas pelaksanaan program BLT-DD. Data yang diperoleh berdasarkan metode pengumpulan data dokumentasi, wawancara dan kuesioner, kemudian akan dihitung, ditabulasi dan disaring data yang diperoleh untuk dianalisis hasil yang didapat. Kemudian hasilnya diinterpretasikan menjadi hasil penelitian.

 

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program BLT-DD pada Desa Mataraman Kecamatan Mataraman pada tahun 2020-2022 mempunyai rasio efisien berimbang dan efektif. Hasil kuesioner efektivitas menurut penerima BLT-DD menyatakan pelaksanaan program BLT-DD efektif dengan poin keseluruhan 1680 atau 77,78%.

 

 

Kata Kunci: Efisiensi, Efektivitas, BLT-DD

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI