DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS DAYA TAMPUNG DAN KEMAMPUAN TREATMENT SETTLING POND SP 10B HW BERDASARKAN DATA CURAH HUJAN DI PT ADARO INDONESIA KABUPATEN TABALONG PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:SONIA FEBRIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-17


Manajemen air penting untuk diperhatikan dalam industri tambang, sehingga dilakukan suatu metode sistem penyaliran tambang untuk penanganan air yang akan mencemari sungai, danau, maupun lingkungan sekitar dengan cara pembuatan kolam pengendapan (settling pond). Kolam pengendapan berfungsi untuk mengendapkan lumpur atau material lain sehingga air yang dialirkan dari kolam pengendapan ke sungai sudah jernih, selain itu hal ini juga dimaksudkan untuk mencegah terjadinya pendangkalan sungai. Kolam pengendapan juga dapat berfungsi sebagai tempat pengontrol kualitas dari air yang akan dialirkan keluar kolam pengendapan.

Perhitungan debit air yang masuk pada inlet kolam pengendapan sebesar 264, Perhitungan debit air yang masuk pada inlet kolam pengendapan sebesar 264,805 m³/detik dan dengan jam hujan maksimal selama 1 jam sehinggamaterial padatan yang terlarut dalam air tidak semuanya terendapkan. Padatan yang berhasil terendapkan dalam waktu sehari dengan jam hujan maksimal perhari adalah 1 jam  yaitu, pada bulan Oktober berhasil mengendapkan sebesar 278,54 m³/hari dengan rata-rata 8,99 m³/hari , pada bulan November berhasil mengendapkan sebesar 439,80 dengan rata-rata 14,66 m³/hari, dan pada bulan Desember berhasil mengendapkan sebesar 951,82 m³/hari dengan rata-rata 30,70 m³/hari. Berdasarkan perhitungan kolam pengendapan ideal, persentase pengendapan, kolam tersebut mampu mengendapkan material secara baik. Dikarenakan setiap harinya hanya mengendapkan kurang dari 200 mg/l sesuai bakumutu yang ditetapkan peraturan daerah. Sehingga kemampuan treatment tersebut mampu mengendapkan sesuai dengan kapasitas kolam yaitu 40.000 m³.

 

Kata kunci: Kolam, Pengendapan Debit, Pemeliharaan, TSS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI