DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KEGIATAN STUDI INDEPENDEN KAMPUS MERDEKA DALAM PERSPEKTIF KEWARGANEGARAAN DIGITAL MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:GURUH NUGRAHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-17


Masalah pokok dalam penelitian ini adalah belum adanya program dalam bidang kewarganegaraan digital di lingkungan FKIP Universitas Lambung Mangkurat untuk mahasiswa. Kampus merdeka menjawab persoalan ini dengan adanya program studi independen yang dinaungi oleh Kemendikbud dalam platform merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) pada universitas negeri di Indonesia secara keseluruhan. Peneliti merasa perlu untuk mengetahui bagaimana implementasi studi independen kampus merdeka tadi pada perspektif kewarganegaraan digital mahasiswa di lingkungan FKIP ULM.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi studi independen kampus merdeka tadi pada perspektif kewarganegaraan digital mahasiswa di lingkungan FKIP ULM. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang didapat pada penelitian Implementasi Kegiatan Studi Independen Kampus Merdeka Dalam Perspektif Kewarganegaraan Digital Mahasiswa FKIP Universitas Lambung Mangkurat akan dilihat dari 3 rumusan masalah: (1) Implementasi Kegiatan Studi Independen  Kampus Merdeka dalam Perspektif Kewarganegaraan Digital Mahasiswa FKIP Universitas Lambung Mangkurat (2) Dampak Implementasi Kegiatan Studi Independen Kampus Merdeka dalam Perspektif Elemen Kewarganegaraan Digital Mahasiswa FKIP Universitas Lambung Mangkurat (3) Hambatan Implementasi Kegiatan Studi Independen Kampus Merdeka Dalam Perspektif Kewarganegaraan Digital Mahasiswa FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Manfaat yang optimal dan penuh hanya akan bisa didapatkan jika ada dukungan penuh dari berbagai pihak untuk implementasi Studi Independen ini. Disarankan kepada Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan dan program studi untuk mampu melakukan sosialisasi secara dan memberikan dukungan secara penuh terhadap implementasi kegiatan studi independen kampus merdeka dalam Perspektif kewarganegaraan digital mahasiswa FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI