DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PERBANDINGAN PENGHINDARAN PAJAK SEBELUM DAN SESUDAH REFORMASI PAJAK TAHUN 2021 PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA
PENGARANG:NOOR SYFA AULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-17


Noor Syfa Aulia (2023) Analisis Perbandingan Penghindaran Pajak Sebelum dan Sesudah Reformasi Pajak Tahun 2021 Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia.

Pembimbing: Dra. Rusma Nailiah, M.Si, Ak, CA, CPA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbandingan penghindaran pajak sebelum dan sesudah reformasi pajak tahun 2021 pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman di BEI.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ialah seluruh perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI sebanyak 83 perusahaan, sampel yang digunakan sebanyak 58 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini bersifat penelitian sekunder dengan cara mengumpulkan data dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji beda Wilcoxon’s Signed Ranks Test dengan alat bantu SPSS 26. Pada penelitian ini periode yang digunakan adalah 1 tahun sebelum dan 1 tahun sesudah reformasi pajak tahun 2021.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan penghindaran pajak sebelum dan sesudah reformasi pajak tahun 2021. Namun, ditemukan bahwa sebanyak 23 perusahaan mengalami kenaikan nilai ETR sesudah reformasi pajak tahun 2021 dilakukan, 23 perusahaan lainnya mengalami penurunan nilai ETR sesudah reformasi pajak tahun 2021 dilakukan, dan 12 perusahaan sisanya tidak mengalami perubahan nilai ETR.

Kata kunci : Penghindaran Pajak, Reformasi Pajak, Perbandingan, ETR

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI