DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN SIMULASI PhET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 26 BANJARMASIN MATERI KELISTRIKAN
PENGARANG:KARISMA TIARA KHOIRUNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-17


Penguasaan konsep diperlukan untuk mengukur keberhasilan proses pembelajaran peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu 1) Mendeskripsikan penguasaan konsep materi listrik dinamis pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 26 Banjarmasin yang diajar menggunakan media PhET, dan 2) Mendeskripsikan ada atau tidaknya pengaruh penggunaan PhET sebagai media pembelajaran di SMP Negeri 26 Banjarmasin kelas IX. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental, dan desain penelitian non-equivalent control group desain. Data pada penelitian ini dikumpulkan dari tes (pretest dan posttest) yang mengandung ranah kongnitif. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis ialah independent sample t-test dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan penguasaan konsep pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yang dilihat dari nilai rata-rata posttest yaitu 47,94 dan 74,76; 2) Terdapat peningkatan penguasaan konsep peserta didik pada kelas eksperimen dengan N-gain skor pada kelas eksperimen 54,09 berada pada kategori sedang dan kelas kontrol 22,76 dengan kategori rendah; serta 3) Terdapat pengaruh penggunaan media PhET terhadap peningkatan penguasaan konsep peserta didik sebesar 52% berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana. Penggunaan media PhET dengan metode inkuiri terbimbing memiliki pengaruh positif dan membuat penguasaan konsep peserta didik meningkat.

 

Kata kunci: PhET, penguasaan konsep, listrik dinamis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI