DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perencanaan Teknis Jembatan Rangka Baja Gala-Gala, Ruas Jalan Binjai Salikung (Ruas 172), Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan
PENGARANG:Muhammad Reza Kurniawan
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-18


Jembatan Gala-Gala merupakan jembatan yang menghubungkan antar desa, terutama Desa Binjai, Desa Salikung, maupun desa lainnya. Jembatan tersebut terletak di Desa Binjai, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Pembangunan jembatan pada lokasi tersebut tidak terlepas pada mobilitas pengangkut barang yang meningkat dan kondisi existing jembatan yang kurang memadai, maka diperlukan perencanaan jembatan tipe rangka baja dengan klasifikasi kelas B ((0,5-6-0,5) m), dan panjang bentang 50 m.

Metodologi yang digunakan pada perencanaan menggunakan berbagai peraturan yang disesuaikan, dimulai dari pembebanan jembatan menggunakan peraturan SNI 1725:2016 dan SNI 2833:2016, serta beberapa penggunaan pada peraturan RSNI T-12-2004 dan RSNI T-03-2005. Ada berbagai macam peraturan SNI yang digunakan untuk beberapa kasus dari perencanaan jembatan. Untuk menghitung analisa struktur jembatan menggunakan software SAP2000 dan Microsoft Excel. Perhitungan daya dukung pada struktur bawah menggunakan metode Terzaghi.

Untuk struktur atas yang digunakan untuk rangka baja adalah tipe warren dengan mutu BJ 50. Gelagar memanjang yang digunakan profil I 300•150•11,5•22 dan I 400•150•12,5•25. Gelagar melintang yang digunakan profil H 900•300•18•34. Rangka utama pada bagian rangka bawah dan rangka diagonal menggunakan profil H 400•400•13•21, sedangkan bagian rangka atas menggunakan profil H 400•400•18•28.  Untuk ikatan angin bagian horizontal menggunakan profil H 300•150•6,5•9, sedangkan bagian diagonal menggunakan profil H 250•125•6•9. Dari profil baja yang didapat kemudian disambungkan dengan sambungan baut dengan mutu Grade 8.8 dengan masing-masing baut 24 mm, 20 mm, dan 16 mm di berbagai tempat pada jembnatan rangka baja. Untuk struktur bawah jembatan menggunakan dua abutment dengan mutu K-250. Pondasi yang digunakan adalah pondasi sumuran dengan mutu K-400. Dengan hasil perencanaan tersebut kemudian diperoleh estimasi Rencana Anggaran Biaya pembangunan jembatan dengan total Rp 14.804.112.000,-.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI