DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK MINUMAN TRAKTIRAN TEMAN DI KOTA BANJARBARU
PENGARANG:OBED YUNUS HASAN PURBA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-18


OBED YUNUS HASAN PURBA. “Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk  Minuman Traktiran Teman Di Kota Banjarbaru” di bawah bimbingan Ibu Ir. Hj. Nuri Dewi Yanti, M.Sc., Ph.D. dan Bapak Dr. Ir. Yudi Ferrianta, S.P, M.P.

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi perilaku konsumen dalam proses keputusan pembelian produk minuman usaha traktiran teman dan menganalisis kepuasan konsumen terhadap produk minuman usaha traktiran teman. Penelitian ini dilakukan di outlet Sungai Besar dan Balitan dari bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2023. Metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode accidental sampling. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang digunakan untuk menganalisis perilaku konsumen dalam proses keputusan pembelian dan analisis IPA (Importance Performance AnalysisI) serta CSI (Customer Satisfaction Indeks) yang digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen minuman Traktiran Teman. Hasil penelitian diperoleh bahwa dalam menganalisis perilaku konsumen dapat diketahui motivasi konsumsi adalah karena sudah biasa mengonsumsi (indeks 43%), motivasi membeli dikarenakan oleh rasa yang enak (indeks 54%),  sumber informasi didapatkan dari relasi (teman, keluarga, dll) (indeks 61%), hal yang diperhatikan konsumen ketika mencari informasi adalah rasa (indeks 54%), pertimbangan konsumen untuk membeli adalah rasa (indeks 46%), frekuensi pembelian minuman Traktiran Teman adalah seminggu sekali (indeks 47%), waktu pembeliannya adalah malam hari (indeks 44%), tipe konsumen melakukan pembelian minuman dengan tipe tergantung situasi (indeks 51%), cara konsumen melakukan pembayaran dengan tunai (indeks 76%), varian rasa yang sering dibeli oleh konsumen adalah rasa thai greantea (indeks 13%) dan ketika konsumen merasa puas maka konsumen akan melakukan pembelian ulang (indeks 89%). Sedangkan dalam menganalisis kepuasan konsumen dapat diketahui bahwa indeks kepentingan tertinggi adalah atribut rasa (87%) dan terendah adalah tekstur dan jarak pembelian (79%); indeks kinerja tertinggi adalah rasa (88%) dan terendah adalah desain kemasan (75%); terdapat 1 (satu) atribut di kuadran A, 5 (lima) atribut dikuadran B, 8 (delapan) atribut di kuadran C dan 2 (dua) atribut di kuadran D; nilai Customer Satisfaction Index sebesar 82% yang termasuk ke dalam kategori “sangat puas”

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI