DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGUATAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS, NASIONALISME, DAN INTEGRITAS DALAM MENGEMBANGKAN CIVIC VIRTUE PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 6 BANJARMASIN
PENGARANG:GUSTI RAINA SALSABILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-19


Masalah pokok dalam penelitian ini adalah implementasi kebajiakan warga negara civic virtue pada sekolah ditemukan belum optimal karena dengan adanya masalah tersebut perlu dipecahkan dalam menerapkan nilai - nilai pendidikan  karakter, sebab dengan perkembangan zaman pada saat ini dilihat dari pesatnya teknologi yang canggih hal ini yang membuat merosotnya nilai karakter pada peserta didik. Oleh karena itu menjadi ketidak pedulian dengan lingkungan sekitar, diantarnya: Nilai Religius, Nilai Nasioalisme, dan nilai integrasi.

Tujuan penelitian ini untuk melihat seberapa terlaksananya nilai religius, nilai nasioalisme, dan nilai integrasi dalam penerapan civic virtue di sekolah SMP Negeri 6 Banjarmasin. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang didapat pada sekolah SMP Negeri 6 Banjarmasin (1) Penerapan nilai religius pada proses pembelajaran ataupun dalam keseharian dimana peran guru dan peserta didik sangatlah penting untuk menanamkan nilai religius, melalui pelaksanaan keagamaan secara rutin sehingga nilai religius ini bisa diterapkan dengan baik menanamkan nilai religius membuat peserta didik mendalami jiwa kerohanian secara paham mengenai agama yang dianut. (2) Penerapan nilai nasionalisme dimana peserta didik yang hanya melaksanakan kegiatan disekolah yang berkaitan dengan bangsa indonesia tapi belum menerapkan secara kehidupan sehari-hari bahwa mencintai bangsa senidir sangatlah penting, namun dalam kegiatan tersebut akan membuat peserta didik lebih memahami (3) Penerapan nilai integritas terdapat pada cara bertanggung jawab dalam melaksanakan kewajiban tugas dan perintah yang dituruti dalam pembelajaran dan displin dengan cara menuruti atuaran yang telah berlaku dan melaksankan dengan baik.

Saran diharapkan peserta didik di SMP Negeri 6 Banjarmasin dapat memahami dan menerapkan nilai –nilai dalam kehidupan sehari-hari, serta mampu menjadi peserta didik yang bermanfaat, kuat dan berkarakter.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI