DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Modalitas Kepala Desa Terpilih Periode 2021-2027 di Desa Pulau Sewangi Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala
PENGARANG:PURNAMA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-19


ABSTRAK

PURNAMA SARI. 1710413620045, 2023 modalitas kepala desa terpilih periode 2021-2017 di desa pulau sewangi kecamatan alalak kabupaten barito kuala. Ibu Siti Hamidah.

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana modalitas Kepala Desa Terpilih Periode 2021-2027 di Desa Pulau Sewangi Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala. Dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan tekhnik probability sampling, adapun kategorinya adalah seluruh masyarakat Desa Pulau Sewangi karena populasi yang terlalu banyak maka jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 94 orang dan informan sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas dan uji reliabilitas.

 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh modalitas keberhasilan Syarifah Saufiah, S.Pd pada pemilihan Kepala Desa Pulau Sewangi berpengaruh positif dan signifikan, hal ini juga berdasarkan skor rata-rata yang diperoleh dari item pernyataan sebesar 726 atau 83,4% yang menandakan bahwa keberhasilan menempati kategori sangat baik. Kemudian variabel Modalitas dengan 4 (empat) indikator dari hasil penelitian menunjukkan bahwa modal simbolik merupakan modal yang tertinggi yang menjadikan Syarifah Saufiah, S.Pd terpilih sebagai perempuan pertama menjadi Kepala Desa dengan presentase sebesar 86,53%, hal ini dikarenakan ketokohannya dalam masyarakat dianggap sebagai orang yang bijaksana dan memiliki latar belakang sosial dari golongan.

Kata Kunci: Modalitas, Keberhasilan, Pemilihan Kepala Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI